RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 2 kejuruan Muda
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Skill/fokus : Speaking
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
I.
Standar
kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk recount dalam konteks kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi
Dasar
Mengungkapkan makna
dalam teks lisan fungsional pendek resmi
dan tak resmi dalam bentuk recount
secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
III.
Tujuan
pembelajaran
1.
Kognitif
Produk : Siswa dalam melakukan monolog teks
berbentuk Recount.
Proses : Mengindentifikasi makna dalam teks Recount.
2.
Psikomotor
1. Membaca
isi teks Recount
2.
Merespon dan memahami berbagai
konteks dari teks Recount
3. Afektif (karakteristik social dan
individu)
Karakter
1. Ikut
serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
2. Bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan.
Sikap
1. Ikut
serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
2. Bertanya
dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa
menyanggah atau memotong.
4. Berkomunikasi
dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
5. Berpendapat
secara baik dalam diskusi.
IV.
Indikator
3.
Kognitif
Produk : Siswa dapat melakukan monolog teks
berbentuk Recount.
Proses : Mengidentifikasi makna dalam teks Recount.
4.
Psikomotor
4. Membaca
isi teks Report.
5. Merespon
dan memahami berbagai konteks dari teks Recount.
6.
Afektif
(karakteristik social dan individu)
Karakter
3. Ikut
serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
4. Bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan.
Sikap
1. Ikut
serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
2. Bertanya
dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa
menyanggah atau memotong.
4. Berkomunikasi
dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
5. Berpendapat
secara baik dalam diskusi.
V.
Mode
of learning
Method : Story Telling
VI.
Learning
Material
Recount Text
Purpose :
To
retell events for the purpose of informing or entertaining
The generic structure of
Recount text :
·
Orientation
Provide the setting and introduced
participants.
·
Events
Tell what happened, in what sequence.
·
Re-orientation
Optional-closure of events
Language
Features :
The use of
general nouns
The use of
pronoun
The use of
action verb
The use of
past tense
The use of
conjunction and time connective
The use of adverb and adverb phrase
The use of adjective
Visiting the Doctor
Last week I was sick and I went to see a doctor. I
waited for the doctor to finish his examination. He was a heart specialist. He
was an excellent doctor and his examinations were accurate. He listened my heartbeat
and checked my blood pressure and temperature. He also looked at my eyes and
throat. He examined me accurately.
When he
completed his examination he said that heart trouble was not a minor illness.
He advised me to lose some weight, get plenty of sleep and eat nutritious
meals. After giving me advice he wrote a prescription.
I felt better
after I spoke to the doctor. Then, I went home and my husband went to the
drugstore to buy medicine. It was the first time I saw a specialist
doctor.
VII.
Media : Papan Tulis, bahan ajar yang relevan dan kamus
VIII.
Teaching Learning Activities
Activity
Number
|
Description
|
Time
Allocation
|
Kegiatan awal
|
||
1.
|
Guru
mengucapkan salam kepada siswa dan siswa menjawab salam.
Guru
mengabsen siswa
Guru
bertanya kepada siswa.
·
Have
you ever learning about recount text ?
·
Have
you ever visiting the doctor before ?
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
70 menit
|
|
1.
|
Guru memulai
menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibicarakan yaitu penjelasan teks recount
|
|
2.
|
Guru membagi
teks recount kepada setiap siswa
|
|
3.
|
Setiap siswa
di minta untuk membaca teks dan mulai menemukan generic structure teks
tersebut
|
|
4.
|
Siswa di
minta untuk memahami teks tersebut dalam beberapa saat agar mereka dapat
menceritakan kembali (retell) teks tersebut di depan kelas
|
|
5.
|
Setelah
selesai memahami teks tersebut setiap siswa menceritakan kembali (retell)
didepan kelas dengan bahasa sederhana sesuai teks yang diberikan.
|
|
6.
|
Setelah itu
guru bertanya kepada siswa tentang kata-kata sulit yang mereka temukan dalam
teks
|
|
7.
|
Dan guru
memberikan informasi tentang arti kata-kata sulit tersebut dan cara membaca
nya
|
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
|
1.
|
Guru
menanyakan kesulitan siswa
|
|
2.
|
Guru
memberikan motivasi kepada siswa tentang penampilan mereka agar dapat tampil
lebih baik lagi
|
IX.
Sumber Pembelajaran
Buku
Smart Steps
X.
Evaluation
Retell the text aboven in front of the class using
your own language....!
XI.
Rubric of Assesment
Bentuk Penilaian: Performance
-
Jenis Penilaian: Unjuk Kerja
-
Instrumen
: Perform a monolog about recount text in front of the classroom
-
Format
Penilaian:
NO
|
NAME
|
FLUENCY
|
PRONUNCIATION
|
EXPRESSION
|
PERFORMANCE
|
TOTAL
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
||
XII.
Scoring
Speaking test
1.
Maximum
score for each student : 25
2. Maximum
grade :
100
Grade =
score x 100
max. score
for example Andre gets score 18
then his grade will be : 18 x 100 =
72
25
Mengetahui
Minuran, 9 Juni 2014
Kepala
Sekolah Guru Bidang Studi
.Zulkarnaen Putra, M.Pd. ......Tri
Astuti,.......
0 komentar:
Posting Komentar