RSS

LESSON PLAN METODE STORY TELLING BY TRI ASTUTI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Sekolah           : SMPN 2 kejuruan Muda
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VIII/1
Skill/fokus                  : Speaking
Alokasi Waktu           : 2x45 menit

I.                    Standar kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk recount  dalam konteks kehidupan sehari-hari

II.                  Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi dalam bentuk recount secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari


III.                Tujuan pembelajaran
1.      Kognitif
Produk                        : Siswa dalam melakukan monolog teks berbentuk Recount.
Proses              : Mengindentifikasi makna dalam teks Recount.

2.      Psikomotor    
1.      Membaca isi teks Recount
2.      Merespon dan memahami berbagai konteks dari teks Recount



3.    Afektif (karakteristik social dan individu)
Karakter
1.      Ikut serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
2.      Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap
1.      Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
2.      Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
3.      Mendengar  pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
4.      Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
5.      Berpendapat secara baik dalam diskusi.

IV.               Indikator
3.      Kognitif
Produk                        : Siswa dapat melakukan monolog teks berbentuk Recount.
Proses                         : Mengidentifikasi makna dalam teks Recount.

4.      Psikomotor    
4.      Membaca isi teks Report.
5.      Merespon dan memahami berbagai konteks dari teks Recount.

6.    Afektif (karakteristik social dan individu)
Karakter
3.      Ikut serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
4.      Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap
1.      Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
2.      Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
3.      Mendengar  pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
4.      Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
5.      Berpendapat secara baik dalam diskusi.

V.                 Mode of learning
 Method                 : Story Telling

VI.               Learning Material
Recount Text

                  Purpose :
To retell events for the purpose of informing or entertaining

                  The generic structure of Recount text :
·         Orientation
Provide the setting and introduced participants.

·         Events
Tell what happened, in what sequence.

·         Re-orientation
Optional-closure of events

                         Language Features :
             The use of general nouns
             The use of pronoun
             The use of action verb
         The use of past tense
         The use of conjunction and time connective
         The use of adverb and adverb phrase
         The use of adjective


Visiting the Doctor
Last week I was sick and I went to see a doctor. I waited for the doctor to finish his examination. He was a heart specialist. He was an excellent doctor and his examinations were accurate. He listened my heartbeat and checked my blood pressure and temperature. He also looked at my eyes and throat. He examined me accurately.
When he completed his examination he said that heart trouble was not a minor illness. He advised me to lose some weight, get plenty of sleep and eat nutritious meals. After giving me advice he wrote a prescription.
I felt better after I spoke to the doctor. Then, I went home and my husband went to the drugstore to buy medicine. It was the first time I saw a specialist doctor.       
VII.             Media : Papan Tulis, bahan ajar yang relevan dan kamus
VIII.           Teaching Learning Activities
Activity
Number
Description
Time
Allocation

Kegiatan awal

1.
Guru mengucapkan salam kepada siswa dan siswa menjawab salam.
Guru mengabsen siswa
Guru bertanya kepada siswa.
·         Have you ever learning about recount text ?
·         Have you ever visiting the doctor before ?
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit

Kegiatan Inti
70 menit
1.
Guru memulai menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibicarakan yaitu penjelasan teks recount

2.
Guru membagi teks recount kepada setiap siswa

3.
Setiap siswa di minta untuk membaca teks dan mulai menemukan generic structure teks tersebut

4.
Siswa di minta untuk memahami teks tersebut dalam beberapa saat agar mereka dapat menceritakan kembali (retell) teks tersebut di depan kelas

5.
Setelah selesai memahami teks tersebut setiap siswa menceritakan kembali (retell) didepan kelas dengan bahasa sederhana sesuai teks yang diberikan.

6.
Setelah itu guru bertanya kepada siswa tentang kata-kata sulit yang mereka temukan dalam teks

7.
Dan guru memberikan informasi tentang arti kata-kata sulit tersebut dan cara membaca nya


Kegiatan Akhir
10 menit
1.
Guru menanyakan kesulitan siswa

2.
Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang penampilan mereka agar dapat tampil lebih baik lagi


IX.                Sumber Pembelajaran
Buku Smart Steps

X.                   Evaluation
 Retell the text aboven in front of the class using your own language....!
XI.                 Rubric of Assesment
                        Bentuk Penilaian: Performance
-          Jenis Penilaian: Unjuk Kerja
-          Instrumen : Perform a monolog about recount text in front of the classroom
-          Format Penilaian:

NO
NAME
FLUENCY
PRONUNCIATION
EXPRESSION
PERFORMANCE
TOTAL


25
25
25
25
100











XII.               Scoring
Speaking test
                  1.      Maximum score for each student        : 25
2.      Maximum grade                                  : 100
Grade =           score   x 100
                       max. score
for example Andre gets score 18
then his grade will be        : 18 x 100     = 72
                                            25
Mengetahui                                                       Minuran, 9 Juni 2014
            Kepala Sekolah                                                   Guru Bidang Studi




.Zulkarnaen Putra, M.Pd.                                ......Tri Astuti,.......




















0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Method of Teaching English All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates