Problem based learning adalah sebuah metode penyelidikan
tingkah laku siswa itu sendiri secara langsung, dengan menggabung kan teori dan
praktek dan penerapan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan sebuah
solusi untuk sebuah pengertian masalah. Metode ini menggunakan masalah untuk
mengartikan siswa dalam pembelajaran. Komponen dari metode ini PBL ini adalah
indentifikasi masalah, hipotesis, generasi pada persoalan belajar,strategi
penyelidikan, pengaturan grup dan sararan pribadi dan yang terakhir adalah
membagi informasi. Komponen ini sangat penting dalam pendekatan menggunakan
metode PBL. Keuntungan dari metode ini adalah memotivasi untuk belajar,
pembangunan ilmu pengetahuan baru pada sesuatu yang ada, penggabunngan dan
penerapan ilmu pengetahuan, topik ulasan lebih luas, dan perkembangan
kemampuan-kemampuan lain. Dan kerugian dari metode ini adalah waktu terlalu
banyak dihabiskan untuk berbicara, terlalu sulit untuk meluluskan seorang siswa
dan dalam metode ini harus membutuhkan banyak guru. Ini sedikit ringkasan
tentang metode PBL, isi dari materi ini menggunakan bahasa yang sulit dipahami
yaitu high frequency word jadi harus membutuhkan pemahaman yang tinggi untuk
mengerti materi ini.
Materi
ini disampaikan oleh Nur Afni, cara penyampaian sudah bagus tidak membaca semua
materi yang ada di power point, namun pemateri masih kurang menguasai bahan
jadi bahasa yang di sampaikan sulit di pahami dan tidak percaya diri pada apa
yang telah disampaikannya, karena tidak langsung ke point nya dan pemateri juga
tidak memberikan simulasi dari metode ini. Jika pemateri semangat otomatis
pendengar juga semangat.
0 komentar:
Posting Komentar